10 Tips Memilih Bus Pariwisata Untuk Ke Luar Kota

tiket bus onlineModa transportasi darat berbasis Otobus, agaknya masih menjadi favorit di Indonesia. Harga yang murah dan daya jelajah yang hamper bisa menjangkau setiap kota, membuatnya menjadi pilihan utama. Tak ayal Perusahaan Otobus (PO) banyak tumbuh dan berkembang di Indonesia. Dan tidak hanya melayani transportasi, Otobus juga difungsikan sebagai angkutan pariwisata yang cukup popular. Demi keselamatan dan kenyamanan dalam memilih bus pariwisata, berikut ini 10 tips yang harus Anda lakukan:

1. Pilihlah Perusahaan Otobus (PO) yang sudah mempunyai kredibilitas yang cukup baik dan terpercaya. Anda bisa mengecek daftar perusahaan di situs resmi departemen perhubungan.

2. Pilihlah armada dengan kelayakan Bus yang masih bagus dan kru (supir dan kernet) yang profesional. Anda bisa berkonsultasi dengan pihak PO setelah melakukan observasi PO bus pariwisata yang kredibel.

3. Tanyakan informasi armada bus yang akan Anda gunakan seperti tahun pembuatan, dan lain sebagainya kepada pihak PO yang akan Anda gunakan. Hal ini penting untuk menjaga keselamatan akibat bus pariwisata yang tak layak jalan. Jika Anda terpaksa menggunakan bus lama, pastikan Anda mendapatkan informasi kelayakan jalan dari Armada bus yang Anda gunakan. Periksalah secara fisik bentuk dan profile ban. Jika Sudah usang dan tipis sebaiknya jangan digunakan.

4. Identifikasi kebutuhan Anda untuk disesuaikan dengan fasilitas bus pariwisata yang akan Anda gunakan seperti AC, TV LCD, Smooking Area atau Toilet untuk perjalanan yang jauh.

5. Ukurlah kemampuan booking dengan jumlah duduk yang tersedia, jangan sampai apa yang Anda rencanakan over kapasitas dengan tempat duduk Armada yang akan Anda gunakan dalam berwisata.

6. Pastikan kejelasan sistem sewa, harga dan cara pembayaran yang di sesuaikan dengan rencana perjalanan wisata Anda.

7. Tanyakan biaya tambahan yang mungkin ada diluar harga sewa seperti biaya tol, parker, tip sopir, biaya penyeberangan, makan dan penginapan supir serta kru lainya.

8. Hindari transaksi melalui calo yang tidak jelas kantor dan legalitasnya. Karena itu, hendaknya Anda memesan tiket bus online melalui id.easybook.com.

9. Lakukan perjanjian di muka dengan pihak Perusahaan Otobus (PO) atau penyedia jasa persewaan bus pariwisata. Jika armada yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan perjanjian, Anda akan dengan mudah meminta ganti rugi atau mengganti dengan armada bus lainnya.

10. Jangan melakukan pembayaran ke rekening pribadi, mintalah nomor resmi perusahaan beserta nomor kontak supir dan perusahaan secara resmi. Sehingga jika ada permasalahan, Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan pihak perusahaan tanpa kesulitan.

Itulah seputar 10 tips memilih bus pariwisata dalam rangka berwisata ke luar kota.